Rabu, 02 Mei 2012

Macromedia Kelas XII

Macromedia Kelas XII


Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.
Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya
Movie-movie Flash memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang dapat disesuaikan dengan keingginan. Aplikasi Flash merupakan sebuah standar aplikasi industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan perluasan kemampuan integrasi yang lebih baik. Banyak fiture-fiture baru dalam Flash yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture baru ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat secara cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut. Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara cepat aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan script tingkat lanjut. Di dalam aplikasinya juga tersedia sebuah alat untuk men-debug script. Dengan menggunakan Code hint untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan dan pengembangan isi ActionScript secara otomatis. Untuk memahami keamanan Adobe Flash dapat dilihat dari beberapa sudut pandang, berdasarkan beberapa sumber referensi bahwa tidak ada perbedaan menyolok antara HTML dan JavaScript dimana didalamnya terdapat banyak tools yang dapat diambil dari SWF termasuk ActionScript. Sehingga kode data dapat terjamin keamanannya. Oleh sebab itu, semua kebutuhan data yang terdapat dalam SWF dapat diambil kembali melalui server. Keuntungan menggunakan metode yang sama dengan menggunakan aplikasi web yang standar adalah akan menjamin dan mengamankanpenyimpanan dan perpindahan data.



Membuat animasi dengan Flash Professional

Ada beberapa cara untuk membuat animasi di Flash:
  • Buat remaja gerak dan mereda: Untuk membuat gerak-tweened animasi, Anda membuat sebuah instance tweened pada rentang frame, dan kemudian membuat satu atau lebih perubahan di suatu tempat pada rentang frame. Flash kemudian menciptakan animasi yang akan terjadi transisi antara perubahan tersebut. Flash bervariasi ukuran objek, rotasi, warna, filter, atau atribut lainnya antara frame berubah Anda dibuat untuk membuat tampilan gerakan atau gerakan, seperti contoh bergerak di Panggung atau memudar masuk dan keluar-atau keduanya pada saat yang sama . Anda juga dapat menggunakan mereda (preset mereda atau Anda sendiri) untuk mengontrol gerakan atau penampilan kasus Anda. Untuk mempelajari lebih jauh tentang membuat remaja gerak dan menggunakan memudahkan, lihat Panduan Belajar Animasi Flash: remaja Gerak dan " Menambahkan preset dan adat memudahkan untuk remaja gerak "di Panduan Belajar Animasi Flash: Preset dan kustom mereda.
  • Buat frame-by-frame animasi: Dalam frame-by-frame animasi, daripada membiarkan flash secara otomatis mengisi gerakan antara dua perubahan, Anda membuat gambar dalam setiap frame. Ini jauh seperti animasi "flip buku" di mana Anda menggambar setiap perubahan yang halus secara manual, dan ketika gambar diawasi berturut-turut, perubahan halus menciptakan ilusi gerakan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat " Membuat frame-by-frame animasi "di Panduan Belajar Animasi Flash: Frame-by-frame animasi.
  • Terapkan preset gerak: preset Gerak meliputi berbagai pra-dibuat animasi yang dapat Anda terapkan untuk kasus pada Stage, yang dapat Anda gunakan seperti apa adanya, untuk tujuan belajar, atau sebagai titik awal untuk modifikasi lebih lanjut. Preset gerakan memudahkan untuk menghidupkan pilihan: Anda dapat membuat pilihan, kemudian pilih Preset Motion dan klik Apply. Dengan preset gerakan, Anda dapat membuat benda bergerak dalam dokumen Anda dengan hampir tidak ada pengetahuan tentang animasi. Untuk informasi tentang gerakan preset, lihat Panduan Belajar Animasi Flash: preset Gerak .
  • Gunakan contoh remaja: Sebuah fitur yang sangat berguna di mana Anda dapat memberikan motion tween nama instance dan menerapkan gerak yang ke instansi lain dalam dokumen Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang menggunakan contoh tween, lihat " Menggunakan contoh Tween "di Panduan Belajar Animasi Flash: Menggunakan ActionScript 3.
  • Salin kode ActionScript 3 dan menerapkannya pada contoh dalam dokumen Anda: Jika Anda tidak ingin menulis kode sama sekali, Anda dapat membuat animasi pada Timeline dan kemudian "copy" ActionScript setara 3 kode untuk animasi itu dan menerapkannya ke misalnya. Lihat Panduan Belajar Animasi Flash: Menggunakan ActionScript 3 .
  • Buat remaja bentuk: Bentuk remaja digunakan untuk membuat gerakan morphing, seperti jalur sehingga lekukan, atau lingkaran yang berubah menjadi kotak. Untuk informasi tentang cara membuat bentuk animasi tween, lihat " remaja bentuk Menciptakan "di Panduan Belajar Animasi Flash: remaja Shape.
  • Gunakan Kinematika terbalik: Anda dapat membuat sesuatu bergerak di Flash CS5 menggunakan invers kinematika (IK) fitur. Sebisa kita berpikir IK adalah jenis dingin, Panduan Belajar Animasi Flash tidak mencakup fitur ini; membacanya di Efek Grafis Belajar Panduan gantinya. Anda juga dapat menonton screencast tutorial IK oleh Todd Perkins pada Adobe TV, membaca " Animating dengan alat tulang "dalam Membuat animasi dalam ActionScript 3, dan belajar dari Karakter animasi dengan alat tulang oleh Georgenes Chris.
  • Menulis kode ActionScript: Anda dapat membuat animasi dengan menulis kode ActionScript-kadang disebut "animasi ditulis." Ada berbagai cara Anda bisa secara manual animasi script: menulis ActionScript untuk menangani semua aspek animasi atau menggunakan kelas GRP dan kode sederhana untuk membuat animasi. Ini Animasi Belajar Panduan untuk Flash tidak mencakup animasi scripted. Anda dapat mempelajari tentang animasi ditulis dalam artikel, Membuat animasi dalam ActionScript 3 .



Cara membuat animasi menggunakan Macromedia Flash

Oke, kali ini saya akan berbagi ilmu yg saya dapatkan yaitu Cara membuat animasi menggunakan Macromedia Flash, kali ini saya akan membuat animasi Pac-man, langsung saja.

1. Pertama buka Macromedia Flash.
2. Untuk membuat badan, gunakan Oval Tool, buat lingkaran besar(jangan besar banget).
3. Beri warna pada lingkaran tersebut menggunakan Paint Bucket Tool.
4. Untuk membuat mata, klik Oval Tool lagi, buat lingkaran kecil seperti gambar dibawah ini.
5. Untuk membuat mulut, gunakan Oval Tool lalu gunakan warna putih agar menjadi seperti pada gambar.



6. Untuk membuat kaki, buat lingkaran, klik Arrow Tool, select setengah lingkaran, tekan delete.
7. Untuk sepatunya, buat kotak di bawah kaki.
8. Select kaki dan sepatunya, tekan Ctrl+G untuk di grup.
9. Select seluruh bagian pacmannya, tekan F8, beri nama Robot.
10. Klik kanan pada pacman, klik Edit in Place.
11. Buat layer baru, caranya klik Insert, Layer.
12. Layer 1 ganti nama menjadi KAKI, Layer 2 menjadi KEPALA.
13. Dilayer kaki, Cut kepala pacmannya, Paste in Place di layer KEPALA.
14. Di Time Line, klik kanan di frame 2, Insert Keyframe di kedua Layer
15. Klik Frame 2 Layer KAKI, klik kaki pacmannya, Copy lalu Paste, jadi kakinya ada 2, deketin biar bertemuan.
16. Insert Keyframe lagi di Frame 3 dan 4 di kedua Layer.
17. Di Frame 3 Layer KAKI, klik Free Transform Tool, arahkan cursor ke dekat titik sudut Kaki sampai ada gambar lingkaran, putar kakinya.
18. Di Frame 4 Layer KAKI, klik Arrow Tool, geser kaki yg kiri ke kiri, geser kaki yg kanan ke kanan.
19. Klik di Frame 3 Layer KAKI, buat bayangan kaki menggunakan Oval Tool, Frame selanjutnya juga dibuat bayangan kakinya, sesuaikan bayangan dengan langkah kakinya.
20. Select seluruh bagian pacman, tekan F8, beri nama Master Robot.
Note: Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.
21. Klik 2x di kertas putih untuk menyatukan frame-frame yg tadi dibuat.
22. Geser pacman ke bagian paling kiri kertas.
23. Klik kanan di Frame 1, klik Create Motion Tween.
24. Di Frame 20, klik kanan, Insert Keyframe.
25. Klik Frame 20, geser pacman ke bagian paling kanan kertas.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Ms. Power Point (TIK XII)

Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan karena Microsoft Power Point akan membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi,
presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis, termasuk clip art yang menarik, yang semuanya itu mudah ditampilkan di layar monitor komputer.

Microsoft PowerPoint adalah sebuah perangkat lunak presentasi multimedia yang dapat Anda gunakan untuk melibatkan audiens Anda dan menjaga presentasi Anda di jalur. Vista, sistem operasi Microsoft, kompatibel dengan PowerPoint 2007. Sistem dasar operasi Vista Anda tidak akan memiliki Microsoft Office diinstal --- itu harus dibeli dan diinstal secara terpisah. Setelah diinstal, perangkat lunak Office Microsoft memberikan Anda akses ke seluruh paket aplikasi produktivitas: Word, Excel dan PowerPoint.


Langkah 1

Klik tombol Windows di kiri bawah layar. Ini adalah bulat dan memiliki logo Windows bendera di atasnya. "Start" menu dengan semua program yang diinstal akan muncul.

Langkah 2

Waktu-klik "All Programs," lalu "Microsoft Office" dalam daftar program. Sebuah sub-menu dari aplikasi Office akan muncul.

Langkah 3

Klik "Microsoft PowerPoint" dalam submenu. PowerPoint sekarang akan mulai.

Langkah 4

PowerPoint akan mulai dengan sebuah slide kosong bahwa Anda dapat menyesuaikan dengan preferensi Anda. Misalnya, menambahkan teks dengan mengetik ke dalam kotak "teks" atau menambahkan gambar dengan mengklik ikon gambar di layar.

Petunjuk:

  • Jika Anda tidak memiliki Microsoft Office pada komputer Anda, Anda dapat men-download gratis Microsoft PowerPoint viewer dari Microsoft, yang akan memungkinkan Anda untuk melihat (tetapi tidak membuat) slide.
  • Kunjungi Microsoft.com untuk berbagai template terformat daripada membuat satu dari awal

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates